Wednesday, November 7, 2012

Au Pair (part 1)


Saya saat ini sedang menjadi anak rantau di negara impian saya, Prancis. Semuanya berawal dari kebiasaan saya yang suka pergi ke salah salah satu toko buku di Jakarta (sebut saja G). Tahun lalu, tepatnya bulan Agustus 2011, saya pergi ke G hanya untuk sekedar lihat-lihat, tapi niat saya hanya untuk lihat-lihat— gagal karena saya menemukan salah satu novel terbaru di bagian bawah salah satu rak buku. Ketika saya lihat cover dari novel tersebut, terdapat gambar menara Eiffel. Tanpa pikir panjang, akhirnya saya beli novel yang berjudul Winter to Summer karya Icha Ayu itu saya memang tergila-gila sama Prancis, jadi ketika melihat buku yang bertema Prancis, saya ingin membelinya— dan ketika pulang, saya segera membacanya. Bagi kalian yang belum baca atau yang belum tau novel karya Icha Ayu, saya sarankan untuk membacanya. Bukunya tidak tebal, gaya bahasa yang digunakan sangat mudah diserap, dan yang lebih hebat lagi, saya bias merasakan bahwa saya berada di tempat yang digambarkan oleh sang penulis. Well, intinya salah satu faktor kenapa saya bias berada di Prancis sekarang karena terinspirasi sang penulis novel tersebut.  Sang penulis pernah menjadi jeune fille aupair  di negara di mana saya berada sekarang. Lalu saya berpikir, kalau dia bisa berarti saya juga pasti bisa. Akhirnya saya browsing di internet mengenai apa itu jeune fille aupair. Jeune fille aupair adalah seseorang berumur 16-30 tahun yang ingin belajar bahasa, budaya, serta kehidupan suatu negara langsung di negara tersebut dan akan tinggal di rumah salah satu keluarga di sana agar dapat lebih mudah menyelami kehidupan dan budaya nya dan kita pun akan diberi tugas untuk menjaga anak keluarga tersebut maksimal 30jam per minggu, tapi jangan khawatir, hidup kita ditanggung sepenuhnya oleh sang keluarga, dari mulai tempat tinggal, makan minum, dan kita juga akan dikasih « uang jajan » besar uang yang dikasih tergantung dari masing-masing negara dan keluarga yang bersangkutan, lagi pula ketika kalian masuk ke dalam sebuah keluara yang memiliki anak, secara tidak langsung kalian pasti akan bermain dan menjaganya seperti adik sendiri, jadi itu bukan masalah besar. Mungkin baby-sitting di kalangan remaja indonesia bukan hal yang biasa dikerjakan, tapi di negara barat, tidak sedikit remaja yang menjadikan hal tersebut sebagai pekerjaan paruh waktu untuk menghasilkan uang. Jadi tidak perlu malu jika ada yang bertanya apa yang dikerjakan fille aupair. Sebenarnya inti dari aupair itu bukanlah untuk menjadi pekerja di negara lain, tapi yang telah saya sebutkan di atas, yaitu untuk mereka yang ingin belajar bahasa, budaya, serta kehidupan suatu negara. Karena itu ketika kalian menjadi fille aupair, kalian wajib untuk mengikuti kelas bahasa di salah satu institut, universitas, atau sekolah yang membuka kelas bahasa untuk orang asing. Contohnya, di sini saya mengikuti kelas FLE « française langue étrangère » di salah satu institut di Bayonne, Prancis Selatan. Tapi yang membiayainya adalah kita sendiri, pakai uang kita, tapi jangan khawatir, saya yakin « uang jajan » yang dikasih keluarga kalian pasti cukup untuk membiayai sekolah kalian, karena saya pun seperti itu.

Di Indonesia belum banyak orang yang mengetahui tentang aupair, tapi di negara lain, terutama di negara-negara barat, hal tersebut bukanlah sesuatu yang asing. Jadi untuk kalian yang ingin mencoba dan mempelajari bahasa dan budaya negara yang anda inginkan langsung di negaranya, aupair adalah alternatif yang sangat baik. Kalian bisa mencoba beberapa website di mana kalian bisa menemukan keluarga yang cocok untuk kalian, salah satunya adalah www.aupair-world.net

Ingat kawan, kalau Icha Ayu dan saya bisa, kalian juga pasti bisa!

Selamat mencoba! Bon courage ! J

2 comments:

  1. allo mlle naira :D
    ternyata kakak anak bahasa prancis UNJ yaa? angkatan berapa?
    quelle surprise! je suis etudiante de la section francaise de l'universite Brawijaya.
    je connais quelques etudiants de la section francaise UNJ 2008 et 2009 ^^
    c'est une experience agreable d'aller en france.
    je ne lis pas encore le livre d'icha ayu,mais je lis un roman d'Illana tan "Autumn in paris" ca m'inspire aussi :)

    ReplyDelete
  2. Bonjour,
    Iya aku anak JBP UNJ, angkatan 2010, jadi panggilnya Naila aja hihihi
    Je connais ce livre là.
    J'espère qu'un jour, vous pourriez venir en France. Bon courage !! :D

    ReplyDelete